Recents in Beach

header ads

Kain Spunbond Masa Kini


Persepsi orang terhadap kain spunbond

Kain Spunbond Masa Kini - Dunia saat ini semakin berkembang seiring dengan tuntutan zaman yang membutuhkan waktu yang serba cepat. Banyak penelitian dilakukan oleh ilmuwan dunia menunjukan bahwa selama beberapa abad terakhir ini ternyata panasnya planet bumi ini disebabkan oleh semakin cepatnya laju teknologi bumi yang  berkaitan langsung dengan adanya suhu dan iklim dunia saat ini. Aktivitas manusia  saat ini secara langsung maupun tidak langsung memicu timbulnya efek gas rumah kaca secara cepat. Berkaitan dengan hal tersebut perkembangan zaman yang terus berevolusi tentunya memicu masyarakat untuk selalu mengembangkan teknologinya, sehingga secara sadar atau tidak tentunya anda pun akan mengikuti dan mengimbangi perkembangan teknologi tersebut.

Di lain pihak, banyak gedung – gedung tinggi pencakar langit yang memperparah kondisi bumi. Dimana setiap gedung yang dibangun tentunya akan mengurangi tempat resapan air. Pabrik – pabrik yang beroperasi menambah deretan panjang permasalahan lingkungan. Mulai dari industri kecil skala UMKM sampai industri besar yang menghasilkan banyak ragam produk. Akan tetapi dengan adanya laju industri yang sangat pesat tidak dibarengi oleh pemahaman pemilik industri tersebut terhadap dampak lingkungan sekitarnya. Terdapat limbah pabrik yang kemudian mengotori dan mencemari sungai. Sehingga akhirnya sungai tersebut tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Para pengelola pabrik seolah – olah menutup mata  terhadap permasalahan tersebut.

Di sisi lain hutan yang sejatinya merupakan paru- paru dunia yang berfungsi untuk menetralizir adanya gas- gas udara yang mencemari lingkungan justru saat ini semakin berkurang. Pembalakan liar terjadi di mana – mana, banyak hutan semakin gundul. Penebangan pohon yang sembarangan tidak diimbangi dengan penanaman pohon sebagai pengganti pohon yang gunakan. Pembakaran hutan sebagai upaya  untuk membuka lahan baru bagi masyarakat juga ikut menyumbang semakin parahnya udara bumi.

Deretan permasalahan yang timbul terkait dengan kelestarian alam tentu sangatlah banyak sekali. Dari mulai hal sepele sampai hal yang sangat kompleks bisa kita dapati di lingkungan sekitar kita. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa terselesaikan dengan hanyakita berdiam diri dan membiarkan hal tersebut terus berlarut – larut. Perlu ada perubahan dan sebuah gerakan yang dapat memobilisasi masyarakat untuk merubah pola hidup tiap individu masyarakat.

Kain Spunbond Memenuhi Tantangan Zaman
Pada saat ini seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran masarakat akan pentingnya lingkungan mereka, sekarang sudah mulai ada gerakan dari masyarakat untuk merubah kebiasaan sehari – hari mereka yang mengarah pada tujuan melestarikan lingkungan, atau dengan istilah kekiniannya adalah go  green. Kebiasaan tersebut baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Semua hal tersebut bisa berjalan dengan baik jika anak muda masa kini ikut diberi pemahaman tentang pentingnya merawat dan melestarikan lingkungan.

Generasi sekarang perlu sering dikampanyekan gaya hidup sehat serta perlu mulai menyadarkan mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Peduli terhadap lingkungan sekitar dan diharapkan bisa di terapkan cara hidup sehat. Saat ini sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita semua untuk menyadarkan hal tersebut. Yang seolah – olah hidup sehat saat ini sudah menjadi barang langka ditengah gempuran teknologi yang banyak memanjakan masyarakat. Sehingga dengan menerapkan trend hidup sehat tersebut diharapkan akan memberikan dampak positif bagi lingkungan, dan tentunya mendukung isu go green yang saat ini sedang digalakkan.

Dalam upaya tersebut sebagian besar masyarakat banyak beralih dari yang biasanya menggunakan kantong plastik untuk membungkus dan mengemas barang –barang mereka, menuju mengurangi bahkan menghindari pemakaian plastik secara berlebihan. Seperti kita ketahui bersama, saat ini plastik menjadi isu utama terkait dengan kerusakan lingkungan. Banyaknya penggunaan kantong plastik menjadikan permasalahan sampah menjadi serius, karena sampah plastik sangat berbeda dengan sampah yang lainnya. Sampah plastik tidak mudah diterima oleh tanah, pori – pori plastik sangat susah diurai oleh bakteri yang ada ditanah. Sehingga membutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun untuk menjadikan sampah plastik berubah membusuk dan menjadi tanah. Berbeda dengan sampah organik seperti dedaunan yang dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos yang dapat dimanfaatkan ulang untuk menyuburkan tanaman lainnya.


Solusi Cerdas Menggunakan Kain Furing
Nah, untuk menggantikan kantong plastik sebagai pengganti kemasan saat belanja, masyarakat banyak menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain spunbond yang lebih ramah lingkungan. Hal ini perlu dilakukan karena sampah plastik kresek dapat mengakibatkan tanah menjadi tercemar dan menjadikan sumber air bersih semakin sulit didapat. Kita telah mengetahui bersama bahwa sampah kantong plastik membutuhkan ratusan tahun untuk menguraikannya. Karena bakteri pengurai tidak mampu  menembus jaringan dan unsur kimia yang terkandung dalam kantong plastik tersebut.

Dengan adanya tas kain spunbond menjadikan solusi bagi masyarakat untuk bisa ikut andil dalam menjaga lingkungannya. Kain spunbond dikenal sebagai bahan pengganti kantong kresek, karena selain dikenal sebagai bahan yang ramah lingkungan, kain spunbond juga memiliki harga yang kompetitif sehingga masyarakat dengan sangat mudah untuk mendapatkannya. Kain spunbond memiliki kualitas yang sangat bagus, kuat dan multi fungsi. Di dunia internasional kain spunbond lebih dikenal dengan kain non woven atau non woven fabric. Sementara spunbond sendiri berasal dari teknologi modern yang digunakan, yaitu spund dan bonding sehingga bahan kain spunbond tersebut bisa di daur ulang.

Di Indonesia kain spunbond memiliki banyak nama, baik berbeda secara pelafalan, kemiripan dengan produk lain maupun berbeda secara tulisan dan pengucapan. Seperti misalnya jika anda bertemu dengan orang jawa mereka biasanya menyebutnya dengan kain sponbon karena orang jawa biasanya dalam mengucapkan sesuatu lebih banyak melafalkan huruf “O”.  Jika anda pergi ke sunda nama kain spunbond berganti nama menjadi kain laken. Hal ini terjadi karena kain spunbond yang beredar dipasaran bentuknya lembaran halus mirip seperti dengan laken atau penutup kepala khas sunda. Di sunda penulisan dan pengucapan kain sendiri berubah secara pelafalan tidak lagi kain tapi menjadi kaen.

Banyak juga masyarakat ketika mencari kain spunbond menyebutnya dengan kain furing, karena kain ini memiliki kemiripan dengan kain furing yang biasa digunakan untuk pelapis baju. Selain itu kain spunbond juga memiliki tekstur yang lembut seperti kain katun bahan pembuat baju kemeja. Sementara diwilayah timur seperti sulawesi dan lain sebagainya, kain spunbond sering di sebut dengan nama kain kodok. Sampai dengan artikel ini ditulis, penulis belum tahu persis apa penyebab kain spunbond ini di namai dengan kain kodok.



Namun terlepas dari orang menyebut apa tentang kain spunbond yang jelas kain yang satu ini bisa menjadi bahan alternatif kita semua. Karena kain spunbond bisa menjadi bahan pengganti plastik maupun kertas yang tentunya bisa diaplikasikan untuk pembuatan shopping atau tas belanja, goody bag, souvenir acara, bahkan bisa menggantikan kertas untuk dijadikan undangan manten, buket bunga dan lain sebagainya. Selain harganya yang sangat murah, yang lebih penting adalah kain spunbond  bisa lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan kimia yang tidak berbahaya bagi lingkungan dan bisa didaur ulang.
Nuhun,..
Semoga Bermanfaat,..!!!