Recents in Beach

header ads

Apa Itu Spun Bond Dan Manfaatnya?


081234 819 814 | Apa Itu Spun Bond Dan Manfaatnya?


Apa Itu Spun BondSebelum berbicara spun bond lebih jauh, untuk bisa mengetahui lebih lanjut apa itu kain spun bond dan untuk apa saja pemanfaatannya. Anda perlu mempelajari terlebih dahulu dari mulai cara produksi dan tujuan kain tersebut di produksi. Produk kain spun bond atau lebih sering di sebut kain furing non woven diproduksi dengan cara menyemprotkan adonan ke dalam aliran udara melalui proses polimer cair atau adonan pur / bubur, kemudian serat-serat halus yang membentuk helai jaring tipis di tempatkan pada cetakan yang telah disediakan.
Helai Jaring Kain Spun bond

Setelah melalui proses yang rumit maka menghasilkan bahan kain spun bond non woven yang terkenal sangat kuat dan tahan lama. Kain spun bond banyak digunakan dalam banyak bidang, termasuk di bidang pertanian. Untuk mendukung industri pertanian, kain spun bond biasanya digunakan untuk menutupi tanaman dalam waktu jangka panjang, karena penggabungan dari bahan polimer dan teknologi terbaru dapat menghasilkan produk yang tahan lama dan kuat terhadap cuaca yang ekstrim sekalipun. Bahkan bahan kain spun bond sangat toleran terhadap kelembaban yang tinggi.

Sesuai dengan tujuannya, penggunaan kain spun bond di dunia pertanian dapat langsung digunakan di area terbuka atau terlindungi. Secara khusus, ada tiga manfaat utama yang dapat dirasakan secara langsung ketika menggunakan kain spun bond pada pertanian, di mana penggunaan tersebut bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing, diantaranya adalah:

Pertama dapat mempercepat pemanasan tanah ketika hujan telah reda atau pada saat setelah proses penyiraman. Kedua dapat melindungi tanah dari kekeringan ketika musim kemarau, karena dapat menjaga kelembaban tanah. Dan yang terakhir dapat melindungi tanaman atau buah dari bersentuhan langsung dengan tanah.
Akan tetapi penggunaan kain spunbond tidak terbatas pada penggunaan tersebut diatas. Masih banyak manfaat lain yang bisa diambil dari pengaplikasian kain spun bond untuk pertanian.

Manfaat Kain Spun bond untuk Wilayah Tropis

Sebelum menggunakan kain spun bond untuk pertanian, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu manfaatnya terhadap pertumbuhan dan pembentukan tanaman anda. Karakteristik teknis dari kain spun bond tersebut diantaranya adalah:

·        bersifat homogen (dapat mempertahankan kelembaban dan suhu panas yang sama – sama baik, sehingga dapat penyimpanan iklim mikro secara permanen),
·         Transparansi (tergantung target yang ingin dicapai)
·         Sifat insulasi panas tinggi (tergantung dari ketebalan bahan yang digunakan)
·         Sangat ringan, sehingga tidak mengganggu pada pertumbuhan pohon muda,
·         Sangat kuat, tidak mudah robek (praktis dan tahan lama),
·         Kualitas stabil walau pada cuaca buruk (tidak berubah dari suhu 55°C hingga 100 ° C)
·         Anti bakteri
·         Toleran terhadap bahan kimia (pestisida)
·         Aman bagi tanaman (tidak beracun)

Setiap kain spun bond yang beredar di pasaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tergantung dari mesin yang digunakan untuk memproduksi kain spun bond tersebut.
Penggunaan kain spun bond bisa digunakan sepanjang tahun, baik musim penghujan maupun musim kemarau. Di musim penghujan, digunakan untuk mempercepat proses pemanasan permukaan tanah. Pada saat yang sama, kain spun bond dapat melindungi tunas dari suhu yang dingin dan basah. Kain ini juga bisa berfungsi sebagai pelindung dari hama burung dan tikus yang dapat merusak benih dan tunas muda.

Dalam kondisi yang berbeda, Anda dapat menggunakan kain spun bond yang memiliki ketebalan lebih tebal sebagai laboratorium sederhana dalam kebun. Yang dipergunakan untuk mengisolasi beberapa tanaman yang membutuhkan perawatan khusus.
Pada musim kemarau, kain spun bond berfungsi sebagai bahan penutup tanah / tanaman (mulsa) yang andal. Karena kain spun bond dapat menjaga kelembaban tanah, mencegah sistem akar mengering dan memperlambat pertumbuhan gulma atau rumput liar. Selain itu, kain spun bond juga bisa mengantisipasi serangan sejumlah hama berbahaya. Penggunaan kain spun bond dalam pertanian dan perkebunan dapat ngurangi penyebaran penyakit yang di akibatkan oleh kontak langsung antara buah dan tanah yang lembab. Hal tersebut biasanya dapat menyebabkan pembusukan pada buah yang hendak di panen.

Penggunaan spun bond selama musim penghujan dapat memperpanjang usia pohon, sehingga dapat memproduksi buah lebih banyak, serta dapat melindunginya dari suhu dingin pada malam hari.

Kain Spun bond di negara tropis dapat melindungi tren cuaca yang kadang tak menentu. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya gagal panen. Namun terlepas dari musim yang tak menentu tersebut, kain spun bond dapat digunakan pada iklim apapun. Yang membedakan adalah hanya pada cara mengaplikasikannya saja. Yang jelas hal tersebut memungkinkan anda untuk menekan kegagalan panen dan dapat menekan biaya produksi. Sehingga anda tidak perlu khawatir ketika musim hujan atau musim kemarau.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kain spun bond, anda dapat menghubungi admin kami disini