Recents in Beach

header ads

Perkembangan Internet Marketing

Perkembangan Internet Marketing


InternetMarketing - Dunia pemasaran saat ini telah berubah berevolusi setelah munculnya teknologi informasi yang bernama internet. Pemasaran melalui internet saat ini sedang dalam posisi puncangnya, internet marketing di bumi pertiwi kelezatannya mulai dirasakan oleh semua kalangan. Segala hal tersebut karena memang semua pihak saling mendukung. Apalagi perkembangan teknologi telekomunikasi informasi saat ini juga sangat pesat.
Dunia marketing di Indonesia saat ini dapat katakan sangat maju. Hal tersebut karena besarnya jumlah penduduk, daya konsumsi masyarakat yang tinggi, serta perusahaan lokal Indonesia yang makin menjamur menjadi beberapa faktor pendukung terhadap pesatnya dunia marketing di Indonesia. Apalagi pemerintah saat ini sedang menggalakan investasi disektor telekomunikasi menambah deretan panjang faktor pendukung pesatnya dunia internet.

Sejak pertama kali muncul jaringan internet di Indonesia sebagai awal dan tonggak kejayaan jaringan internet,dengan hadirnya kabel jaringan LAN yang dikembangkan salah satu operator plat merah Indonesia, internet mulai dikenal oleh masyarakat. Kemudian hadir teknologi selanjutnya yang mengusung teknologi EDGE (2G) dan diganti oleh kehadiran jaringan 3G yang jauh lebih baik dari teknologi sebelumnya. Yang memungkinkan seluruh penduduk Indonesia bisa  mengakses internet dengan cepat dari mana pun dan kapan pun melalui berbagai perangkat.

Sampai disini dunia marketing seolah – olah turut berubah jungkir balik terbawa arus perkembangan merubah arah teknik pemasarnnya. Dari awalnya dilakukan hanya secara tradisional dor to dor menawarkan produk dan jasanya, kini berubah menjadi dipasarkan melalui online dengan bantuan jaringan internet.


Perkembangan Online Marketing


Kampus Rujukan Pengusaha Online

Dengan pesatnya teknologi internet kemudian membuat seolah – olah masyarakat semakin haus akan ilmu internet marketing. Hal tersebut menjadi semakin bermunculan sekolah – sekolah yang mengajarkan ilmu internet marketing. Salah satunya adalah kampus dosen jualan yang di prakarsai oleh sosok yang tidak asing di dunia internet marketing. Beliau adalah Suryadin Laoddang atau lebih dikenal dengan sebutan dosen jualan. Pak suryadin laoddang adalah salah seorang yang tidak asing didunia online, beliau adalah pakar online marketing. Tak jarang instansi pemerintah atau pun swasta mengundang beliau untuk mengajarkan ilmu yang ia miliki terkait dengan internet marketing. Beliau adalah pembicara internet marketing yang sudah di kenal di seluruh Indonesia. Banyak sekali alumni – alumni pak dosen jualan yang sudah berhasil dan membangun bisnisnya masing - masing. Setiap hari banyak sekali orang yang ingin belajar jualan online di kampus dosen jualan. Saat ini kampus dosen jualan menjadi salah satu bahkan satu – satunya di Indonesia yang menjadi rujukan tempat untuk sekolah jualan online yang tepat. Bagi anda yang mau berbisnis dan berjualan secara online yang baik dan benar di sinilah tempatnya. Di kampus ini anda tidak hanya belajar hal – hal teknis saja, akan tetapi di kampus ini anda juga akan di ajarkan tentang wawasan terkait mindset bisnis online. Anda akan dituntun secara bertahap, step by step yang harus dilalui para pebisnis online. Susunan materi yang diberikan secara terstruktur dan sistematis.

Dalam proses belajar mengajar pak suryadin laoddang sebagai pimpinan kampus dosen jualan memiliki prinsip tidak melulu hanya diberikan materi teori saja, tapi justru lebih ditekankan terhadap prakteknya. Bahkan dalam kelas ini beliau lebih menekankan pada praktek dari materi yang telah diajarkan. Sehingga anda akan sering di beri tugas yang kadang – kadang seolah – olah memberatkan semua peserta, akan tetapi sebetulnya disitulah letak proses belajar mengajarnya. Kita dituntut unruk terus mencambuk diri, menepis rasa malas dan membalik menjadi semangat yang membara. Karena dengan semangat belajar yang tinggi itu sudah menjadi modal dasar bagi anda yang mau berbisnis online.

Walaupun dalam proses belajar mengajar materi internet marketing dalam kelas seperti serius, akan tetapi hal tersebut tidak membuat kita terbebani, karena dalam mengajarkan materi pak suryadin selalu dengan santai dan sistematis sehingga ketika mentransfer ilmu dengan sendirinya ilmu tersebut bisa meresap dan terekam dengan baik pada diri tiap peserta.
Jika belajar di kampus dosen jualan anda akan diberikan materi update tentang internet marketing. Karena ternyata dunia online itu selalu dinamis, sering sekali terjadi perubahan – perubahan yang harus kita update setiap saat. Apalagi sekarang dengan teknologi yang ada akan semakin mempercepat setiap informasi yang ada.
Saat ini menurut penelitian dan hasil survei yang di rilis  Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) perkembangan online marketing masih akan terus bertumbuh dan berkembang. Dengan adanya teknologi 5G yang akan masuk ke Indonesia memberi peluang kepada penyedia jaringan internet untuk memperluas jaringannya. Karena seperti yang kita ketahui bersama negara Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar di seluruh negri. Hal tersebut memberikan sinyal untuk bisa menambah jumlah pelanggan baru. Apa lagi Indonesia memiliki jumplah penduduk yang cukup fantastis. Dilansir dari situs tekno.kompas.com, seperti yang telah di uraikan diatas berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), sudah lebih dari separuh penduduk Indonesia (132,7 juta orang) sudah terkoneksi dengan internet. Apalagi jika teknologi 5G sudah betul – betul beroperasi di Indonesia, teknologi internet sudah bisa menjangkau jauh lebih luas lagi, berap lonjakan pengguna internet nantinya.

Dari gambaran diatas, dari besarnya jumlah pengguna  baru yang mendapat manfaat internet tersebut, sudah pasti akan banyak sekali perusahaan atau pun operator bahkan penyedia bisnis jaringan yang melihat peluang tersebut sebagai salah satu cara ampuh untuk melakukan penetrasi pasar atau branding produk untuk memikat para pengguna baru.
Nah dari situ lah peluang anda untuk bisa mengembangkan bisnis melalui internet marketing. Dengan belajar internet marketing anda akan dengan mudah memahami karakter calon pelanggan anda. Dan yang terpenting dengan internet marketing peluang anda untuk mengembangkan dan menggapai pelanggan baru sangatlah di mungkinkan.
Harapan saya dengan menulis artikel ini, anda semakin tergerak lagi untuk bisa mengembangkan diri. Karena dengan adanya online menepis semua alasan – alasan yang kadang – kadang hanya menghambat pemikiran kita saja. Dengan melihat dunia internet ini saya semakin yakin bahwa internet marketing akan terus berkembang lagi mengikuti kebutuhan jaman yang menuntut serba cepat dan efisien. Apalagi di Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar se asia tenggara sangat mungkin untuk kita optimalkan internet marketingnya. Daya beli masyarakat saat ini juga sangat mendukung untuk memasarkan produk lewat dunia maya.

Saya berharap teman - teman semua bisa memanfaatkan peluang yang tersedia saat ini. Yakinlah keadaan seperti sekarang ini merupakan iklim yang sangat bagus untuk kita mengembangkan bisnis yang anda miliki, jadikan ini sebagai peluang untuk mendorong menuju kesuksesan dalam berbisnis yang anda cita - citakan.

Semoga bermanfaat,..

Hatur Nuhun,..!!!