Recents in Beach

header ads

Bahan Spun-bond non-woven


081234 819 814 | Bahan Spun-bond non-woven


Bahan Spun-bond non-wovenPada abad ke-21, para ilmuwan telah banyak menciptakan teknologi baru, khususnya di bidang polimer. Karena dari bahan polymer ini kemudian dilakukan peleburan bahan sintetis yang melewati prosese filtrasi khusus yang kemudian menghasilkan bentuk serat seperti benang. Dengan teknologi tersebut kemudian membentuk kanvas di atas conveyor. Sehingga setelah memproses bahan setengah jadi , kemudian membentuknya menjadi lembaran – lembaran kain yang kuat.

Saat ini penggunaan kain spun-bond non-woven untuk digunakan di berbagai industri mulai banyak dilakukan, dalam 10 tahun terakhir telah banyak dibahas dalam seminar dan forum tentang manfaat dari kain spun-bond non-woven. Baik manfaat secara penggunaan maupun manfaat bagi masa depan bumi tercinta. Seperti kita ketahui bersama saat ini sedang digalakan go green, yang mana segala sendi kehidupan kita selalu mempertimbangkan faktor alam dan lingkungan. Termasuk dalam hal penggunaan plastik yang selama ini menjadi sumber masalah kita bersama. Karena kantong plastik penggunaanya hanya digunakan sekali pakai saja. Sementara kain spun-bond jika diproduksi untuk dijadikan tas belanja bisa digunakan berkali-kali. Selain kuat tas belanja dari kain spun-bond dapat didaur ulang oleh organisme tanah dengan mudah. Sehingga tidak menimbulkan sampah yang menumpuk.


Saat ini banyak perusahaan beralih menggunakan kain spun-bond sebagai bahan baku produksi mereka. Banyak perusahaan menggunakan bahan ini di karena selain harganya murah juga efisien dalam pengerjaannya. Selain itu sudah banyak orang yang melek terhadap lingkungan sehingga produsen dengan sangat mudah untuk memasarkan produk mereka. Karena selain menguntungkan, perusahaan juga bisa sekalian mengedukasi masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan mereka dengan selalu menggunakan produk -produk yang lebih ramah lingkungan. Pada saat yang sama beberapa teknologi ramah lingkungan masih terus di kembangkan, banyak menyesuaikan untuk menghasilkan produk – produk baru dan membuka peluang baru untuk bisa mendukung dan melestarikan lingkungan.

Spun-bond untuk Sektor Pertanian

Dengan perkembangan teknologi yang sangat signifikan, saat ini penggunaan kain spun-bond non-woven tidak terbatas pada produk – produk yang sifatnya mikro UKM, akan tetapi kain spun-bond juga bisa digunakan untuk sektor pertanian, karena kain spun-bond memiliki sifat yang sangat kuat dan toleran terhadap air. Sehingga hal tersebut dapat digunakan untuk membantu menjaga iklim mikro yang stabil bagi tanaman, bahkan dapat mempertahankan suhu yang optimal serta dapat memberikan sirkulasi udara yang konstan.
Kain spun-bond non-woven bisa diandalkan untuk menjaga kelembaban tanah dengan baik. 
Walaupun bahan ini terendam dalam air, kain ini tidak akan menyerap air yang mengakibatkan bertambah berat yang dapat merusak bakal tunas terkecil dari tanaman anda. Selain untuk menutup tanah, dengan ketebalan tertentu kain spun-bond non-woven juga bisa digunakan untuk menutupi seluruh area tanaman anda tanpa khawatir menekan tanaman, sehingga dapat memberikan keleluasaan terhadap pertumbuhan alami tanaman.
Beberapa keunggulan dari kain spun-bond:
  • Penyaring udara yang baik
  • Strukturnya stabil (dapat menjaga iklim mikro tetap),
  • Transparansi (tergantung pada aplikasi),
  • Tahan terhadap api
  • Ringan
  • Kuat (bisa untuk penggunaan jangka panjang)
  • Elastis (dalam kondisi basah maupun kering)
  • Tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah (mulai dari suhu -55 ° C hingga 130 ° C)
  • Tahan terhadap jamur dan bakteri
  • Pasif terhadap berbagai senyawa kimia (pestisida)
  • Bebas racun.


Manfaat Kain Spun-bond Untuk Pertanian

Dalam dunia pertanian ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses tanam, perawatan maupun proses panen. Kain spun-bond dapat mendukung semua proses tersebut, sehingga ada banyak alasan pula kenapa kain spun-bond sangat baik dan mendukung semua proses yang harus dilewati dalam dunia pertanian. Kain spun-bond bukanlah seperti bahan plastik biasa yang dapat mengganggu dan bahkan dapat merusak proses tumbuh kembang tanaman.

Untuk kebutuhan pertanian kain spun-bond dapat di aplikasikan langsung pada tanah, tanpa khawatir mengkontaminasi unsur hara tanah anda. Dalam kondisi tertentu kain spun-bond dapat melindungi tanah dari panas yang berlebih. Kondisi ini diperlukan ketika tempat anda sedang mengalami musim kemarau. Maka dari itu anda harus benar – benar memastikan dalam kondisi apa tanah dan tanaman anda. Ini penting karena kain spun-bond memiliki jenis yang sangat bervariasi tergantung dari maksud dan tujuan kain spun-bond tersebut digunakan.

Kain spun-bond adalah bahan terbaik untuk melindungi tanaman anda saat ini. Karena dengan hadirnya kain spun-bond memungkinkan anda untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman. Walaupun dengan menggunakan pupuk yang sama bahkan secara perlahan – lahan dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia. Hal tersebut dapat mengurangi biaya produksi  karena bisa menghemat pembelian pestisida atau pupuk, sehingga dapat menghasilkan produk buah dan sayur dengan harga ekonomis. Selain itu kain spun-bond juga dapat melindungi tanaman dari hama dan serangga yang dapat menyerang buah dan sayuran, serta dapat meminimalisir tanaman dan buah terkena debu dan kotoran tanah.


Hatur Nuhun,..
Semoga Bermanfaat,..!!!